Nyepi 2008 Penggunaan Listrik Berkurang 70%

Okezone – Kamis, 28 Februari 2008 – 17:07 wib  

DENPASAR – Nihilnya aktivitas masyarakat di Bali pada setiap Nyepi, terbukti mampu menghemat energi.

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Distribusi Bali mencatat penghematan energi listrik pada Nyepi tahun 2007 lalu mencapai 245 megawatt (MW).

Bila beban puncak listrik di Bali mencapai rata-rata 440 MW, beban puncak pada saat hari raya Nyepi pada 2007 lalu hanya sekitar 195 MW.

“Turun sampai sekitar 60 persen. Ini penghematan yang luar biasa,” ujar Humas PLN Wilayah Distribusi Bali I Wayan Redika di Denpasar Kamis (28/2/2008).

Untuk Nyepi tahun ini yang jatuh 7 Maret mendatang, PLN Bali mengharapkan terjadi penghematan konsumsi listrik hingga 70 persen. Meski kondisi kelistrikan di Bali saat ini sudah normal, namun menurut Redika tidak tertutup kemungkinan untuk terjadi masalah lagi, Karenanya, upaya penghematan menurutnya tetap sangat diperlukan.

“Bila listrik yang terpakai sedikit, kita bisa saving bahan bakar solar untuk memproduksi listrik. Subsidi listrik juga lebih sedikit yang keluar,” tambahnya.

Redika memastikan, bahwa PLN tetap akan menjaga keandalan pasokan listriknya ke masyarakat pada hari raya Nyepi mendatang.
Pasalnya, banyak fasilitas publik seperti hotel dan rumah sakit yang tetap beroperasi terbatas.

“Kita kan harus tetap menjaga keandalan listrik untuk fasilitas publik seperti rumah sakit. Hotel-hotel kan juga tetap beraktivitas,” jelas Redika. (Ni Komang Erviani/Sindo/rhs)

About erviani

Jatuh cinta dengan dunia jurnalistik sejak bergabung dengan Lembaga Pers Mahasiswa Indikator, Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Sempat bekerja untuk Harian Warta Bali, 2003 - 2005, Koresponden Majalah GATRA untuk wilayah Bali, anggota redaksi Media HIV/AIDS dan Narkoba KULKUL, TPI, dan Koran Seputar Indonesia. Menulis lepas kini menjadi aktivitas keseharian. Kini aktif sebagai kontributor untuk beberapa media yakni Bali Daily-The Jakarta Post, Mongabay Indonesia, dan Khabat Southeast Asia.
This entry was posted in Ekonomi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s