Kinerja Bank Sinar Meningkat

DENPASAR  – Paska diakuisisi oleh Bank Mandiri pada akhir 2007 lalu, kinerja Bank Sinar mengalami peningkatan. Hal itu terlihat dari peningkatan kredit dan asset bank lokal yang focus pada usaha mikro kecil menengah (UMKM) itu.

Akuisisi Bank Sinar oleh Bank Mandiri memberi dampak positif terhadap bank lokal di Bali itu. Hal itu tampak dari peningkatan kinerja Bank Sinar sejak dua bulan pertama di tahun 2008 ini.

Menurut Direktur Utama Bank Sinar, Ida Bagus Kade Perdana, akuisisi oleh Bank Mandiri telah membuat masyarakat Bali makin antusias memanfaatkan layanan perbankan dari bank yang dipimpinnya. Hal itu jelas terlihat dari peningkatan kredit yang tersalurkan selama Januari hingga Februari 2008 lalu.

Total kredit yang tersalurkan oleh Bank Sinar hingga Februari 2008 lalu mencapai Rp.197,38 miliar. Jumlah tersebut meningkat sebesar Rp21,25 miliar (atau sebesar 12%) dibandingkan kredit tersalurkan hingga Desember 2007 lalu.

Hingga akhir 2008, Bank Sinar ditergetkan mencapai peningkatan kredit sebesar 40% dari tahun lalu. Dengan peningkatan pada dua bulan pertama tahun 2008, Perdana optimis target tersebut akan dengan mudah tercapai. “Kalau lihat kredit yang tersalur sampai Februari, saya optimis bisa capai 40% sampai akhir tahun,” ujarnya.

Sementara itu, peningkatan juga terjadi pada pos dana pihak ketiga dari Rp172,765 miliar pada akhir 2007 menjadi Rp182,76 miliar pada akhir Februari 2008. Hanya dalam dua bulan, total dana pihak ketiga sudah meningkat hingga 5,78%, atau sebesar Rp9,995 miliar.

Total aset Bank Sinar hingga akhir Februari 2008 mencapai Rp.318,8 miliar. Jumlah tersebut 3% lebih tinggi dibandingkan total aset akhir 2007 yang sebesar Rp309,528 miliar.

Meski terjadi peningkatan penyaluran kredit, namun rasio kredit bermasalah Bank Sinar justru mengalami penurunan dari 0,63% pada akhir 2007 menjadi hanya 0,59% pada akhir Februari 2008. “Kami bersyukur karena jumlah kredit bermasalah turun. Mungkin ini karena kesadaran masyarakat untuk memenuhi kewajibannya makin meningkat,” ujar Perdana.

Ditanya laba, Perdana secara terbuka menyebut adanya peningkatan lama hingga Rp.1,339 juta selama Januari-Februari 2008. Jumlah tersebut tergolong cukup besar, mengingat total laba Bank Sinar selama tahun 2007 mencapai Rp 5,081 miliar.

Perdana menjamin pencapaian laba tersebut tidak diperoleh atas upaya yang merugikan nasabah. Dikatakan, pihaknya selalu berupaya agar suku bunga kredit tidak memberatkan nasabah. Suku bunga rata-rata yang saat ini ditetapkan Bank Sinar hanya 15%. “Saya tidak mau mencari laba besar hanya dengan menaikkan bunga,” tandasnya [ni komang erviani]

About erviani

Jatuh cinta dengan dunia jurnalistik sejak bergabung dengan Lembaga Pers Mahasiswa Indikator, Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Sempat bekerja untuk Harian Warta Bali, 2003 - 2005, Koresponden Majalah GATRA untuk wilayah Bali, anggota redaksi Media HIV/AIDS dan Narkoba KULKUL, TPI, dan Koran Seputar Indonesia. Menulis lepas kini menjadi aktivitas keseharian. Kini aktif sebagai kontributor untuk beberapa media yakni Bali Daily-The Jakarta Post, Mongabay Indonesia, dan Khabat Southeast Asia.
This entry was posted in Ekonomi. Bookmark the permalink.

One Response to Kinerja Bank Sinar Meningkat

  1. sunarta says:

    saya mau tanya berapa persen bunga kredit saat ini . soalnya saya mau beli motor baru kalau bisa lewat bank sinar mau kredit!

    terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s