Mendiknas Janji Tinjau Ulang SPMB

Okezone – Senin, 10 Maret 2008 – 21:27 wib

NUSA DUA – Sebanyak 41 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menolak Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) tahun 2008, jika ditangani Perhimpunan SPMB Nusantara. Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo berjanji akan meninjau ulang kebijakan SPMB.

“Saya minta PTN untuk memberikan masukan ke Dirjen Dikti,” tegas Bambang Sudibyo, di sela-sela pertemuan Menteri-Menteri Pendidikan dari sembilan negara kelompok E-9 di Nusa Dua, Bali, Senin (10/3/2008).

Bambang Sudibyo mengakui pelaksanaan SPMB selama ini tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku. “Memang kebijakan dari Depdiknas untuk meninjau kembali penyelenggaraan SPMB, karena yang selama ini dilakukan tidak sesuai dengan Keppres 80,” ujar menteri dari PAN ini.

Bambang menanggapi santai adanya aksi penolakan oleh sejumlah PTN atas penyelenggaraan SPMB oleh Perhimpunan SPMB Nusantara. “Mereka memang diminta untuk mendesain ulang penyelenggaraan SPMB. Jadi bukan penolakan,” tegas Bambang.  

Kebijakan baru yang nantinya dihasilkan Depdiknas, diharapkan dapat mengakomodir keinginan sebagaian besar PTN. “Tapi tidak mungkin untuk negara besar ini. Semua kepentingan akan terakomodasi. Kita usahakan supaya sebanyak mungkin kepentingan akan terakomodasi,” tambahnya.

Bambang yakin kebijakan baru Depdiknas tentang SPMB akan mengakomodasi kepentingan terbanyak. Pasalnya, sebagian besar PTN memiliki pandangan yang sama. “Sekarang mulai ada kristalisasi. Ternyata sebagian besar memiliki pandangan yang sama,” demikian Bambang.(Ni Komang Erviani/Sindo/ism

About erviani

Jatuh cinta dengan dunia jurnalistik sejak bergabung dengan Lembaga Pers Mahasiswa Indikator, Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Sempat bekerja untuk Harian Warta Bali, 2003 - 2005, Koresponden Majalah GATRA untuk wilayah Bali, anggota redaksi Media HIV/AIDS dan Narkoba KULKUL, TPI, dan Koran Seputar Indonesia. Menulis lepas kini menjadi aktivitas keseharian. Kini aktif sebagai kontributor untuk beberapa media yakni Bali Daily-The Jakarta Post, Mongabay Indonesia, dan Khabat Southeast Asia.
This entry was posted in Pendidikan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s