Garuda Terbangi China-Bali pada 2010

Okezone-Jum’at, 14 Maret 2008 – 18:21 wib

NUSA DUA – Garuda Indonesia menargetkan akan pembukaan rute penerbangan langsung dari Cina ke Bali dan sebaliknya, pada 2010 mendatang. Di tahun 2008 ini, maskapai penerbangan milik negara itu baru bisa menyediakan 150.000 seat penerbangan Indonesia-China.

Pembukaan rute baru China-Bali dinilai penting untuk mengakomodasi tingginya tingkat kunjungan wisatawan China ke Bali sejak dua tahun terakhir. Pada tahun 2007 lalu, total kunjungan wisatawan China ke Indonesia mencapai 150.000 orang. Separuhnya mengunjungi Bali.

Selama 2008 ini, kunjungan wisatawan China ditargetkan naik sebanyak 100 persen, menjadi 300.000 orang. Menurut Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik, pasar China memiliki potensi yang cukup besar untuk digarap secara lebih serius. “Ini potensi besar, tapi belum serius digarap,” ujarnya di sela-sela Garuda Indonesia Golf Tournament di Nusa Dua Bali, Jumat (14/3/2008).

Meski minat wisatawan China ke Bali sangat tinggi, namun Garuda Indonesia belum menyediakan penerbangan langsung Cina-Bali. Seluruh penerbangan dari dan ke China yang disediakan Garuda Indonesia hanya melalui Jakarta. Bahkan beberapa di antaranya transit di Singapura.

Saat ini Garuda Indonesia menyediakan 16 penerbangan dari dan ke China dalam seminggu. Terdiri dari tiga kali penerbangan dari Beijing, sembilan penerbangan dari Guangzhu, dan empat penerbangan dari Shanghai.

General Manager Garuda Indonesia Wilayah Beijing China Pikri Ilham K, menjelaskan rute penerbangan langsung China-Bali baru memungkinkan dibuka pada 2010 mendatang. Pasalnya, jumlah kunjungan wisatawan China ke Indonesia saat ini baru sekira 500 orang per hari. “Kita baru bisa buka penerbangan langsung kalau sudah 1.000 orang per hari,” ujarnya

Total kunjungan wisatawan Cina ke Indonesia selama tahun 2008 ini ditargetkan mencapai 300.000 orang. Dari jumlah tersebut, Garuda Indonesia siap menyediakan sedikitnya 150.000 seat penerbangan. (Ni Komang Erviani/Sindo/mbs)

 

About erviani

Jatuh cinta dengan dunia jurnalistik sejak bergabung dengan Lembaga Pers Mahasiswa Indikator, Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Sempat bekerja untuk Harian Warta Bali, 2003 - 2005, Koresponden Majalah GATRA untuk wilayah Bali, anggota redaksi Media HIV/AIDS dan Narkoba KULKUL, TPI, dan Koran Seputar Indonesia. Menulis lepas kini menjadi aktivitas keseharian. Kini aktif sebagai kontributor untuk beberapa media yakni Bali Daily-The Jakarta Post, Mongabay Indonesia, dan Khabat Southeast Asia.
This entry was posted in Ekonomi. Bookmark the permalink.

One Response to Garuda Terbangi China-Bali pada 2010

  1. nisa says:

    kira2 tiketnya sampai berapa ya, biayanya..
    mohon dikirimkan infonya.terima kasih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s