Kupon Murah Resahkan Pelaku Pariwisata Bali

 Okezone – Minggu, 30 Maret 2008 – 15:11 wib

DENPASAR – Peredaran kupon yang menawarkan produk wisata berharga murah, tengah meresahkan pelaku pariwisata Bali. Peredaran kupon murah tersebut dinilai telah merusak tata niaga pariwisata Bali.

Kupon yang membuat resah tersebut merupakan kupon yang berbentuk seperti voucher. Dengan hanya menukarkan kupon tersebut, wisatawan dapat menikmati produk wisata dengan harga yang jauh lebih murah. Nilainya bisa berkisar antara 30-50 persen lebih murah dari harga yang dipublish pengelola.

Kupon murah tersebut berlaku untuk beragam produk wisata. Mulai dari sarana wisata safari gajah, cruize, golf, dan lainnya. Sebagian besar wisatawan yang berkunjung saat ini, memanfaatkan keberadaan kupon murah tersebut.

Menurut Wakil Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Bali Sang Putu Subaya, peredaran kupon murah tersebut telah membuat pariwisata Bali terkesan dijual dengan murah meriah. Pasalnya, wisatawan asing dapat mengakses sarana dan obyek wisata dengan tarif yang cenderung sangat murah. “Kupon-kupon itu membuat produk pariwisata Bali terjual sangat murah,” keluhnya.

Selain itu, keberadaan kupon murah itu membuat banyak fungsi guide tidak dimanfaatkan. “Jadi wisatawan yang sudah pegang kupon, dia datang sendiri ke obyek wisata, nggak pakai guide,” tambah Subaya.

Anehnya, para pelaku pariwisata tidak mengetahui persis dari mana wisatawan mendapatkan kupon-kupon tersebut. Kupon-kupon tersebut diduga dibawa sendiri oleh wisatawan dari negaranya. Kebanyakan wisatawan yang membawa kupon-kupon tersebut adalah wisatawan China. (Ni Komang Erviani/Sindo/mbs)

About erviani

Jatuh cinta dengan dunia jurnalistik sejak bergabung dengan Lembaga Pers Mahasiswa Indikator, Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Sempat bekerja untuk Harian Warta Bali, 2003 - 2005, Koresponden Majalah GATRA untuk wilayah Bali, anggota redaksi Media HIV/AIDS dan Narkoba KULKUL, TPI, dan Koran Seputar Indonesia. Menulis lepas kini menjadi aktivitas keseharian. Kini aktif sebagai kontributor untuk beberapa media yakni Bali Daily-The Jakarta Post, Mongabay Indonesia, dan Khabat Southeast Asia.
This entry was posted in Pariwisata. Bookmark the permalink.

One Response to Kupon Murah Resahkan Pelaku Pariwisata Bali

  1. Arie says:

    China, Taiwan kek nya banyak yang kek gini …

    kemungkinan besar sich mereka dapetnya dari brosur brosur yang dibawa oleh para sales yang sales call direct ke tempat itu atau tourism magazine yang disebar disana

    cuma secara nyata saya belum pernah melihatnya untuk brosur disc paket wisata di Bali. tapi kalo di logika sih kek gitu😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s