Kampanye Parpol Bali Tidak Ramah Lingkungan

Jum’at, 25 Juli 2008 – 19:06 wib

DENPASAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bali mengimbau partai politik (parpol) peserta Pemilu 2009 agar berkampanye ramah lingkungan.

Imbauan tersebut disampaikan Ketua KPU Bali Anak Agung Gede Oka Wisnumurti,menyusul protes masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat (LSM), atas banyaknya atribut kampanye pemilihan gubernur (pilgub) Bali yang cenderung merusak lingkungan.

Pemasangaan alat peraga partai dengan cara menancapkan dengan paku di batang pohon, dinilai Wisnumurti dapat merusak lingkungan.

Namun diakuinya, tidak ada satu pun peraturan kampanye atau peraturan KPU yang mengatur tentang pemasangan atribut kampanye ramah lingkungan.

“Memang tidak ada aturan di KPU soal ini. Tapi kalau Anda mau memasang di pohon, ya siap-siap saja tidak dipilih masyarakat,” kata Wisnumurti dalam pertemuan dengan pimpinan parpol se-Bali di kantornya Jl. Cok Agung Tresna Denpasar Bali, Jumat (25/7/2008).

Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Bali Agung Wardhana juga tidak tinggal diam melihat kelakuan kampanye parpol tersebut.

Pemasangan sembarangan di pohon, menurut dia, mencerminkan rendahnya perhatian politisi terhadap kelestarian lingkungan.

“Masyarakat sekarang sudah cerdas memilih parpol. Jadi kalau masih ada parpol yang memasang atribut kampanye secara merusak, saya yakin tidak akan jadi pilihan,” tegasnya.(Ni Komang Erviani/Sindo/rgi)

About erviani

Jatuh cinta dengan dunia jurnalistik sejak bergabung dengan Lembaga Pers Mahasiswa Indikator, Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Sempat bekerja untuk Harian Warta Bali, 2003 - 2005, Koresponden Majalah GATRA untuk wilayah Bali, anggota redaksi Media HIV/AIDS dan Narkoba KULKUL, TPI, dan Koran Seputar Indonesia. Menulis lepas kini menjadi aktivitas keseharian. Kini aktif sebagai kontributor untuk beberapa media yakni Bali Daily-The Jakarta Post, Mongabay Indonesia, dan Khabat Southeast Asia.
This entry was posted in Politik. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s